Maret 17, 2009

Tari

TARI SERAMPANG 12

Tari Serampang 12 adalah Tarian bercerita tentang perkenalan muda-mudi hingga memasuki perkawinan dalam 12 ragam atau 12 langkah gerakan sehingga kemudian nama tarian menjadi serampang dua belas. Tari ini merupakan jenis tari tradisional yang di mainkan sebagai tari pergaulan yang mengandung pesan tentang perjalanan anak muda dalam mencari jodoh, mulai dari perkenalan sampai tahap pernikahan.


TARI ZAPIN

Merupakan salah satu dari beberapa jenis tarian melayu yang masih eksis sekarang dan Zapin merupakan hasanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan. Musik pengiring tari zapin terdiri dari dua alat utama, yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas. Menurut versi lain tari ini diiringi oleh musik ensemble yang terdiri dari pemain marwas, gendang, suling, biola, akordion, dumbuk, harmonium dan vocal.
Tari Zapin sangat banyak ragam gerak tarinya, walaupun pada dasarnya gerak dasar zapin-nya sama, ditarikan oleh rakyat di pesisir timur dan barat Sumatera, Semenanjung Malaysia, kepulauan Riau, pesisir Kalimantan dan Brunei Darussalam.

0 komentar:

Posting Komentar

 


Boogle's home © 2008. Design by: Pocket